Sekolah Alam Pelopor

 
 
You are here:: PAUD Terpadu Sekolah Alam Pelopor
 
 
SEKOLAH ALAM PELOPOR

TKIT/KOBER/PLAY GROUP/TPA  PELOPOR ALMUNAWWAR didirikan dalam rangka memberikan alternatif pilihan pendidikan pra-sekolah bagi masyarakat. Sekarang sejak tahun ajaran 2011/2012 dikenal dengan istilah PUSAT PAUD PELOPOR dan kemudian disatuatapkan dengan SD Alam Pelopor sehingga namanya berubah menjadi SEKOLAH ALAM PELOPOR RANCAEKEK BANDUNG JAWA BARAT.  Pendidikan Alternatif model SEKOLAH ALAM PELOPOR terutama untuk PUSAT PAUD ini dikembangkan  dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Membantu pemerintah dan masyarakat dengan menyeilenggarakan pendidikan pra-sekolah dengan ditunjang dengan berbagai sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap dan kondusif
  2. Memperkenalkan anak-anak usaia pra- sekolah dengan berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan serta kegiatan kreatil, positif dan kontruktif lainnya sebagai bekal memasuki tingkatan sekolah berikutnya.
  3. Mengarahkan dan memandu anak agar memiliki sikap dasar dan perilaku islami dan nasionalis.
  4. Mengarahkan anak untuk memiliki kemampuan khusus berbahasa terutama bahasa Inggris sebagai antisipasi dini menghadapi era globalisasi ke depan.
  5. Mengarahkan anak menuju manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, senang membaca, senang meneliti, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani yang mantap, bertanggung jawab dan mandiri.

 

1. Tujuan Umum

Membantu masyarakat dan pemerintah untuk menggarap pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk segala lapisan masyarakat dalam rangka melahirkan sumber daya manusia dimasa datang yang cerdas dan berkwalitas sehat dan ceria serta memiliki kesiapan fisik dan mental dalam memasuki pendidikan usia dasar.

2.Tujuan Khusus

a. Membentuk anak berkepribadian islami sejak dini, beaqidah kuat, berakhlaqul karimah dan tekun beribadah dengan kasih saying yang iklas dalam menemani bermain dan belajar guna tercapainya tujuan pendidikan nasional.

b.Mewujudkan program pembelajaran PAUD Holistik

c.Sebagai sarana pembelajaran nak usia dini

d.Pemerataan pendidikan anak usia dini untuk anak kurang mampu

e.Penyadaran kepada masyarakat akan arti penting pendidikan anak usia dini

g.Memberi pelayanan kepada anak untuk bermain sambil belajar sebagai alternative bagi balita

h.Mengenalkan lingkungan yang islami sejak dini dan kaya stimulasi edukatif

 

Visi dan Misi

1. Visi

Membangun generasi berakhlaq, berkwalitas unggul, dan berwawasan lingkungan

2.  Misi

~ Mengajarkan anak untuk selalu beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT.

~ Membangun generasi yang pandai dan rajin

~ Berbakti kepada orang tua

~ Hormat dan patuh kepada guru

~ Berbudi bahasa yang sopan

~ Giat beramal

~ Mampu mendorong diri sendiri ,berani maju dan tampil kedepan

 


 

 

 
Kurikulum TK

Kurikulum inti yang dijadikan acuan dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar dan bermain di PUSAT PAUD Pelopor Al-Munawwar--- SEKOLAH ALAM PELOPOR adalah Kurikulum PIM yang dikeluarkan oleh Depdiknas berupa GBPKB, yang meliputi program-program sebagai berikut:

  1. Program Kegiatan Belajar dalam rangka pembentukan perilaku melalui pembiasaan (Program Pembentukan Perilaku), yang kemudian terurai dalam bentuk kurikulum yang mengarahkan pada tujuan pembelajaran sesuai GBPKB Depdiknas.
  2. Program Kegiatan Belajar dalam rangka Pengembangan

Materi kegiatan anak dikembangkan dengan merujuk pada "Menu Pembelajaran Generik".  Materi disampaikan melalui kegiatan bermain yang terencana, menarik, dan dapat memotivasi anak untuk mengembangkan sendiri seluruh potensi yang dimiliki.

Kemampuan Dasar (Program Pengembangan Kemampuan Dasar), yang kemudian terurai dalam sub-sub program pengembangan sebagai berikut:
•    Pengembangan Kemampuan Daya Cipta.
•    Pengembangan Kemampuan Berbahasa.
•    Pengembangan Kemampuan Daya Pikir.
•   Pengembangan Kemampuan Keterampilan.
•   Pengembangan Kemampuan Jasmani.


Uraian kurikulum selengkapnya sesuai dengan GBPKB Depdiknas.

Disamping Kurikulum Depdiknas, juga dikembangkan kurikulum muatan lokal yang menjadi ciri khas PUSAT PAUD PELOPOR- SEKOLAH ALAM PELOPOR, yaitu :
•    Materi-materi bermuatan Islam.
•    Materi-materi Bahasa Inggris, dengan orientasi target bahasa Inggris akan menjadi bahasa kedua bagi peserta didik, dengan mengembangkan metode pengajaran bahasa Inggris khas PUSAT PAUD  Pelopor  yaitu mengembangkan proses bermain anak dalam berbahasa, diharapkan akan Meningkatkan kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris bagi peserta didik.

Selain itu juga memuat materi dan program cinta tanaman dan cinta lingkungan hidup, sehingga anak-anak sedini mungkin dikenalkan pada persoalan-persoalan lingkungan dan kemampuan untuk mengelola nya.

 

MODEL PEMBELAJARAN DI PUSAT PAUD PELOPOR- SEKOLAH ALAM PELOPOR

Dikembangkan model centra yang berbasis pada alam dan lingkungan.  Ada beberapa sentra yang dikembangkan dan ada sudah berjalan di PUSAT PAUD PELOPOR - SEKOLAH ALAM PELOPOR-- yaitu:

1. Sentra Persiapan

2. SentraSeni dan Kreatifitas

3. Sentra Persiapan

4. Sentra Makro-Mikro

5. Sentra Balok

6. Sentra Ibadah

7. Sentra Musik

8. Sentra Bahan Alam

9. Sentra Memasak

10.Sentra kebun

 

PROGRAM MAGANG

Dengan model sentra ini ternyata membawa daya tarik yang luar biasa bagi lembaga-lembaga lain di luar jawa, sehingga ada beberapa lembaga yang study banding ke PUSAT PAUD PELOPOR- SEKOLAH ALAM PELOPOR. Yaitu :

1. Kunjungan dari SEAMEO INNOTECH PHILIPINES/ Senior Assiciate Research Studies Unit Program Office dari Pilipina ke Pusat Paud.

2. Kunjungan dari Florida  melihat proses parenting di Pusat Paud sekolah alam

3. Kunjungan dari Bank Dunia (World Bank) melihat Paud

4. Magang guru-guru PAUD  dari Kab. Garut, Sukabumi, Subang, Sumedang, Majalengka, Kab. Lampung Tengah, Lampung Timur, Halmahera, Gorontalo.Kab. Solok,  Kab. OKI, Pontianak, dan lain-lain.

Untuk yng berminat magang silakan hub PSAT PAUD PELOPOR- SEKOLAH ALAM PELOPOR.

JL. KAKTUS RAYA NO 100 PERUM RANCAEKEK KENCANA RANCAEKEK BANDUNG JAWA BARAT INDONESIA. TELP. (022) 87700777

.

 
Sarana Belajar

Sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar dan bermain anak didik TKIT Pelopor Al-Munawwar dilakukan di Gedung yang refresentatif milik sendiri, seluas 180 m2 di tambah tempat bermain, serta area pengembangan dalam bentuk tanah seluas 3.360 m2. Selanjutnya untuk Denah bangunan kami sertakan dalarr lampiran, adapun rinciannya sebagai berikut:


1. Kelas Belajar Utama ukuran 9x6 m, Ibuah.
2. Kelas Belajar ukuran 6x5 m, 2 buah.
3. Kelas Belajar ukuran 6x4 m, 1 buah.
4. Kamar Tidur/Ruang Istirahat, sebanyak 3 buah.
5. Ruang Kantor, sebanyak 3 buah.
6. Gudang, 1 buah
7. Dapur, 1 buah.
8. Kamar Mandi, 10 buah.
9. Ruang Administrasi, 1 buah.
10 Mushola, 1 buah.
11 Saung, 1 buah.