Sekolah Alam Pelopor

 
 
You are here:: Profil SD Apel
 
 
Sekolah Alam Pelopor

Sekolah Dasar Alam Pelopor, adalah lembaga pendidikan formal Sekolah Dasar dengan perijinan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan menggunakan Kurikulum Diknas ditambah dengan Kurikulum Lokal Pelopor, yang banyak menggunakan "Alam Semesta" sebagai media belajar, dengan menggunakan sistem belajar "out-door"dan "in-door".

Bahasa Pengantar

Bahasa Pengantar belajar di SD ALAM PELOPOR menggunakan 3 bahasa pokok yang dilakukan secara bertahap yailu : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Sunda.

  • Kelas 1 s.d. 3 Bahasa Indonesia, Sunda.
  • Kelas 4 s.d. 6 Bahasa Inggris, Indonesia, Sunda.

Untuk mempersiapkan penguasaan kebahasaan ini khususnya bahasa Inggris, pembelajaran bahasa Inggris diberikan sejak dari kelas 1 berupa penguasaan vocabullary dan percakapan sehari-hari sehingga pada kelas 4 siswa sudah lancar melakukan percakapan bahasa Inggris.

Prinsp Belajar

Prinsip belajar di SD ALAM PELOPOR adalah :

  • Belajar itu menyenangkan.
  • Alam Semesta sebagai media belaiar terbaik.
  • Sekolah sebagai wahana membangun sikap. pengetahuan dan keterampilan manusia seutuhnya.

Waktu Belajar

Waktu belajar SD ALAM PELOPOR dilakukan penuh waktu (Full Day School) yaitu dari jam 07.30 s/d 15.30 WIB.

Metode dan Media Belajar

Ke-khas-an Sekolah Alam terletak pada Sistem Belajar, Metode dan Media, dan aspek inilah yang membedakannya dengan sekolah biasa.

  1. Sistem Belajar yang digunakan :
    • Out-Door yaitu sistem belajar di luar kelas atau belajar di alam terbuka dengan menggunakan metode observasi, praktek lapangan, disko (diskusi kelompok), penugasan, game dan out-bound.
    • In-Door yaitu sistern belajar yang dilakukan di dalam Kelas, dengan mcngunakan berbagai media belajar termasuk media alam, metode yang digunakan antara lain ceramah, tanya jawab, disko (diskusi kelompok), laboratorium, game, simulasi.
  2. Metode Belajar, Metode belajar yang digunakan dalam belajar di SD Alam Pelopor baik yang dilakukan dalam sistem out-door maupun in-door antara lain, ceramah, tanya jawab, disko (diskusi kelompok), praktek lapangan, observasi, game, Role-play, simulasi, out-bound, dan lain sebagainya.
  3. Media Belajar, Media beajar yang dipakai adalah Media Alam Semest dan Media Buatan.