Sekolah Alam Pelopor

 
 
You are here:: Kolom Apel Kolom Guru
 
 
Kolom Guru
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER
Ditulis oleh Admin SD Apel   
Sabtu, 07 Juli 2012 20:24

 

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER   DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERKARAKTER

Oleh

Imas Maryani (  guru SD APEL- Alam Pelopor)

Kurikulum berbasiskan karakter ataupun pendidikan  karakter  sudah menjadi  pokok bahasan utama dan menjadi tren  dalam setiap disKusi maupun bahan kajian di setiap forum ilmiah.   Forum ini mengkaji  dari  nilai-nilai apa yang dimaksudkan dalam pendidikan karakter,  menentukan pilar-pilar karakter,  metode dan pendekatan apa yang akan dipakai dalam pendidikan karakter ,  dan kemudian sekolah / guru-guru pun berlomba- lomba untuk meng adopsi  RPP berkarakter .  Apakah situasi  yang seperti ini yang di maksudkan dalam  rangkaian alur pembentukan karakter di  negeri tercinta ini ,  negeri yang dihuni oleh orang-orang yang mengalami degradasi moral dan kehilangan jati diri.

 

Karakter sejatinya bukan merupakan sebuah  produk nilai sampingan  atau semata-mata hanyalah sebagai imbas  dari sebuah proses pendidikan atau pembelajaran  di dalam sebuah komunitas pembelajar.  Melainkan karakter adalah  suatu tujuan utama  dari sebuah proses panjang , lama, dan bertahun-tahun  yang dilaksanakan secara  konsisten,  sistemik, dan berkelanjutan  melalui pendekatan pendidikan dan kebudayaan  dalam masyarakat berbangsa dan bernegara,  sehingga  masyarakat memiliki cara pandang, cara berpikir, bersikap dan berperilaku  baik dan memiliki karakter positif/baik.

 
Media Pembelajaran Aktif
Ditulis oleh Admin SD Apel   
Rabu, 15 Desember 2010 00:09

 

SISWA SEBAGAI PUSAT PEMBELAJARAN

Oleh

Imas Maryani

Guru SD Alam Pelopor

 

Dewasa ini seiring dengan perkembangan proses pendidikan di Indonesia, terjadi pergeseran paradigm berpikir serta beralihnya kiblat orientasi proses pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat pada guru, manakala guru dianggap serba tahu, serba benar, dan serba bisa. Guru sebagai sentral dan menempatkan siswa pada level objek yang siap untuk dicetak. Seiring dengan perjalanan waktu paradigma seperti ini sudah berubah dengan memposisikan siswa sebagai makhluk yang unik, luar biasa potensinya , aktif dan sebagai pusat dari semua proses pembelajaran.

 
Anak-anak yang Digegas
Ditulis oleh Jose   
Jumat, 09 April 2010 23:49

Anak-anak yang Digegas Menjadi Cepat Mekar, Cepat Matang, Cepat Layu…
Pendidikan bagi anak usia dini sekarang tengah marak-maraknya. Dimana-mana orang tua merasakan pentingnya mendidik anak melalui lembaga persekolahan yang ada. Mereka pun berlomba untuk memberikan anak-anak mereka pelayanan pendidikan yang baik. Taman kanak-kanak pun berdiri dengan berbagai rupa, di kota hingga ke desa.
Kursus-kursus kilat untuk anak-anak pun juga bertaburan di berbagai tempat. Tawaran berbagai macam bentuk pendidikan ini amat beragam. Mulai dari yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya. Dari kursus yang dapat membuat otak anak cerdas dan pintar berhitung, cakap berbagai bahasa, hingga fisik kuat dan sehat melalui kegiatan menari, main musik dan berenang. Dunia pendidikan saat ini betul-betul penuh dengan denyut kegairahan. Penuh tawaran yang menggiurkan yang terkadang menguras isi kantung orangtua …