Sekolah Alam Pelopor

 
 
You are here:: Berita Hormon
 
 
Hormon
Selasa, 19 April 2011 00:00

 

Hormon dan Rasa Lapar
Penulis : Amahl S Azwar
Jumat, 15 April 2011 01:47 WIB
Komentar: 0

JAKARTA--MICOM: Studi teranyar menemukan hormon bernama ghrelin memicu kemampuan hidung membaui aroma makanan.

Selama ini, hormon ghrelin diketahui memicu rasa lapar sekaligus menyimpan lemak.

Ilmuwan Universitas Cincinnati menemukan hormon ini mampu meningkatkan indera penciuman untuk mendeteksi makanan, serta mengaitkan input itu dengan metabolisme alami tubuh dan berat badan.

"Aroma makanan merupakan bagian integral dalam diet mamalia. Mamalia sering kali bergantung pada indera penciuman untuk mencari dan memilah-milah makanan. Lebih dari itu, mengendus adalah tahapan pertama dalam mendeteksi aroma makanan," ujar Dr Jenny Tong kepada HealthDay News.

Peneliti lainnya Dr Matthias Tschop mengungkapkan studi-studi sebelumnya memperlihatkan rasa lapar dapat memicu kemampuan binatang dalam mengendus dan memilah-milah makanan.

Hormon ghrelin menstimulasi rasa lapar di saat perut kosong, hormon ini mungkin juga bertanggung jawab atas rasa lapar yang disebabkan oleh indera penciuman.

Studi yang melibatkan manusia dan tikus sebagai bahan eksperimen ini dimuat pada Journal of Neuroscience edisi 13 April 2011.

Selanjutnya, Tong dan Tschop yang bekerja sebagai ahli metabolisme, endokrinologi, dan diabetes Universitas Cincinnati berencana mengidentifikasi saluran molekul mana yang dilalui ghrelin serta pengaruhnya terhadap kebiasan mengendus mamalia, termasuk manusia. (HealthDay News/SZ/OL-9)

 

Add comment


Security code
Refresh